Perbandingan Solusi Teka Teki

Iseng-iseng, saya sedang membandingkan kecepatan menyelesaikan maze bebek, antara anak saya yang berumur 7 tahun, dibandingkan dengan penyelesaian secara software. Soal maze saya ambil dari situs http://www.krazydad.com. Berikut ini contoh soalnya:

(silakan klik untuk gambar penuh)

Berikut ini adalah solusi menggunakan software dalam bahasa C, algoritma best first search, akses gambar pakai library GD. Software dibuat dalam waktu 6 jam. Waktu eksekusi software 2 menit .

(silakan klik untuk gambar penuh)

Berikut ini adalah solusi yang dibuat oleh anak saya. Waktu eksekusi 2 menit kurang. Setelah selesai membuat solusi, gambar tersebut diwarnai dan ditambah di sana sini

(silakan klik untuk gambar penuh)

Nampaknya masalah ini lebih cepat diselesaikan oleh anak 7 tahun dibandingkan komputer :D.

 

 

4 komentar di “Perbandingan Solusi Teka Teki

  1. 😀

    ya jelas dong. he’s smart like the dad 🙂

    [btw saya bisa ga ya bikin codingnya? ga apa2x deh waktu eksekusi 3 hari 5 jam 2 menit juga, yang penting bisa ga ya? :)) ]

  2. 2 menit memang lama banget, sebenarnya bisa jauh lebih cepat. implementasinya 1 pixel dijadikan 1 node. yang bikin lambat antara lain karena ada modul searching node pakai linear search.

Tinggalkan komentar