Mencoba Beberapa Web Feed Reader

Hari ini saya mencoba setting beberapa software untuk dipakai sebagai blog aggregator, kandidatnya:

  1. Gregarius
  2. Drupal
  3. WordPress

Planet Feed Reader tidak saya tes, karena benda ini memerlukan Python, sedangkan admin saya lebih familiar dengan benda LAMP (Linux, Apache, Mysql & PHP). Untuk menguji sistem ini saya pakai server jail di FreeBSD. Proses instalasi dilakukan seperti biasa (tar -xzvf, baca file README atau INSTALL, dan seterusnya).

Kesimpulan:

  • Gregarius lambat, entah karena scriptnya lambat, atau karena penuh dengan AJAX
  • WordPress tidak ada aggregator built in, jadi belum sempat cari plugin feed readernya
  • Drupal sudah ada modul aggregator built in, dan cukup cepat. Masalahnya adalah Drupal 6.5 tidak ada setting proxy, namun rupanya sudah ada patch untuk mengaktifkan proxy di Drupal 6.5. Jadi masalah proxy selesai, namun kalau nanti diupdate ke Drupal 6.6 musti siap-siap cari patch lagi.

Akhirnya web aggregator aktif di http://planet.ee.itb.ac.id . Saat ini saya isi dengan feed dari blog dosen, mahasiswa, karyawan dan alumni yang ada di daftar link saya.

2 thoughts on “Mencoba Beberapa Web Feed Reader

  1. wah keren pak, btw ini hostingannya didalam kampus ya? dibelakang proxy pak?
    saya juga sedang mencoba buat aggregator pake wordpress, masalahnya terbentur di proxy cuminya pak😦
    Usul aja gimana kalo tiap kategori link itu dibikin nama domainnya misal:
    dosen.planet.ee.itb.ac.id
    mahasiswa.planet.ee.itb.ac.id
    dll…

  2. Untuk proxy, di wordpress kan ada tuh setting proxy. Supaya tidak tabrakan dengan penggunaan proxy sehari-hari, aggregator ini saya aktifkan malam hari saja, ketika saya tidak sedang pakai proxy.
    Idealnya memang untuk dosen, mahasiswa, karyawan dipisah domainnya, cuma efeknya dari cuma mengurus 1 aggregator jadi musti mengurus 3 aggregator, peningkatan 300%

Tinggalkan Balasan

