Software redmine untuk project management

Untuk menunaikan tanggung jawab saya sebagai team leader, saya memanfaatkan beberapa tools berupa perangkat lunak untuk memudahkan pekerjaan saya, salah satu di antaranya adalah redmine.

Hal positif dari redmine yang saya sukai:

  • Relatif mudah digunakan
  • Tampilan bagus
  • Feature kolaboratif bagus, memudahkan kerja tim
  • Konon kabarnya lebih mudah digunakan dibandingkan Trac. Saya sendiri belum pernah coba Trac,namun ada kawan saya yang berpindah dari Trac ke redmine dengan alasan lebih mudah.
  • Dapat diintegrasikan dengan mercurial. Di antara sekian banyak software project management , hanya redmine dan Trac yang dapat diintegrasikan dengan mercurial.
  • Open source

Hal yang kurang saya sukai:

  • rada susah diinstall di jaringan ITB yang harus pakai proxy untuk akses web ke luar. Jika diinstall tanpa proxy, cukup 15 menit, namun dengan proxy saya perlu menugaskan seorang admin khusus, yang alhamdulillah dapat selesai menginstall redmine di FreeBSD dalam 2 hari.

Kesimpulan:

  • selama belum punya duit USD1200 untuk membeli Atlassian Jira, mending pakai redmine saja deh🙂

2 thoughts on “Software redmine untuk project management

Tinggalkan Balasan

